Translate

Prosedured INTUBATION

Intubasi trakea, yang biasanya hanya disebut intubasi, adalah penempatan tabung plastik fleksibel ke dalam trakea (tenggorokan) untuk menjaga jalan napas terbuka atau untuk melayani sebagai sebuah saluran yang akan digunakan untuk mengelola obat-obatan tertentu. Hal ini sering dilakukan dalam pasien  terluka, kritis jalan napas atau saat pasien di anastesi   untuk memfasilitasi ventilasi paru-paru, termasuk ventilasi mekanik, dan untuk mencegah kemungkinan sesak napas atau obstruksi jalan napas.
Rute yang paling banyak digunakan adalah orotracheal/ pemasangan alat melalui oral/mulut, di mana tabung endotrakeal dilewatkan melalui mulut dan aparat vokal/pita suara, ke trakea. Dalam prosedur nasotracheal, tabung endotrakeal dilewatkan melalui hidung dan aparat vokal ke trakea. Metode lain dari intubasi melibatkan tindakan operasi dan termasuk cricothyrotomy (digunakan secara eksklusif dalam keadaan darurat) dan disebut juga tracheostomy, tindakan ini dilakukan terutama dalam situasi di mana kebutuhan untuk dukungan berkepanjangan mengantisipasi kepatenan saluran napas.

Oleh karena itu tindakan ini adalah prosedur medis invasif, intubasi biasanya dilakukan setelah pemberian anestesi umum dan obat neuromuskuler-blocking. Namun dapat dilakukan pada pasien tenang dengan anestesi lokal atau topikal, atau dalam keadaan darurat tanpa anestesi sama sekali. Intubasi biasanya dilakukan dengan menggunakan laringoskop bronkoskop, konvensional serat optik fleksibel atau laringoskop video untuk mengidentifikasi glotis, meskipun ada perangkat lain dan teknik yang tersedia.
Setelah trakea diintubasi, manset balon biasanya mengembang tepat di atas ujung tabung untuk membantu mengamankan alat tersebut supaya tidak bergeser atau lepas, untuk mencegah kebocoran gas pernapasan, dan untuk melindungi batang trakeobronkial menerima materi yang tidak diinginkan seperti asam lambung. Tabung tersebut kemudian diamankan ke wajah atau leher dan terhubung ke sepotong T-, anestesi sirkuit pernapasan, tas katup perangkat masker, atau ventilator mekanik.

Setelah tidak ada lagi kebutuhan untuk bantuan ventilasi dan / atau perlindungan jalan napas, tabung trakea dihapus, hal ini disebut sebagai ekstubasi dari trakea (atau decannulation, dalam kasus jalan napas bedah seperti cricothyrotomy atau tracheotomy).

Selama berabad-abad, tracheotomy dianggap satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk intubasi trakea. Namun, karena hanya sebagian kecil pasien selamat operasi, dokter melakukan tracheotomy hanya sebagai pilihan terakhir, pada pasien yang hampir mati. Tidak sampai akhir abad 19 namun bahwa kemajuan dalam anatomi dan fisiologi, serta apresiasi terhadap teori kuman penyakit, telah meningkatkan hasil operasi ini ke titik bahwa hal itu bisa dianggap sebagai pilihan pengobatan dapat diterima.

"Juga pada saat itu, kemajuan dalam instrumentasi endoskopi telah meningkat sedemikian rupa sehingga laringoskopi langsung telah menjadi sarana yang layak untuk mengamankan jalan napas melalui jalur non-bedah orotracheal. Pada pertengahan abad ke-20, tracheotomy serta intubasi endoskopi dan non-bedah trakea telah berevolusi dari prosedur jarang digunakan untuk menjadi komponen penting dari praktik anestesiologi, obat perawatan kritis, pengobatan darurat, gastroenterologi, Laryngology, Pulmonologi dan pembedahan."
Intubasi trakea dapat dikaitkan dengan komplikasi kecil seperti gigi patah atau laserasi jaringan dari saluran udara bagian atas. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan komplikasi yang berpotensi fatal seperti aspirasi paru dari isi perut yang dapat mengakibatkan pneumonitis aspirasi kimia berat dan kadang-kadang fatal, intubasi atau tidak dikenal dari esofagus yang dapat menyebabkan anoksia fatal. Karena itu, potensi kesulitan atau komplikasi karena adanya anatomi saluran napas yang tidak biasa atau variabel yang tidak terkontrol lainnya dievaluasi secara teliti sebelum melakukan intubasi trakea. Strategi alternatif untuk mengamankan jalan napas harus selalu tersedia.


berikut cuplikanya  :



untuk lebih jelasnya dipersilahkan cek sumber.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog ini jangan lupa tinggalkan komentar anda disini....!!

JADWAL BOLA