Translate

SP 3 Prilaku Kekerasan

Strategi Pelaksanaan (Prilaku Kekerasan III)

A. Proses keperawatan
1. Kondisi klien/keluarga
Data subjective:
·         Ibu klien mengatakan anaknya kadang marah dan membentak ibunya,namun  apabila sedang baik maka baik
·         Ibu klien mengatakan anaknya
·         Klien mengatakan emosi klien datang secara tiba tiba dan sulit untuk di control dan bila sedang marah ingin mencelakai orang yang tidak di sukainya.
·         Klien mengatakan sudah melakukan latihan napas dalam dan melakukan kegiatan harian  dan telah di tulis dalam jadwal harian klien
Data objective:

·         Klien tampak kooperatif saat berinteraksi.
2. Masalah/diagnosa keperawatan
Resiko mencederai diri dan orang lain
3. Tujuan khusus
Latihan mengontrol perilaku kekerasan secara social atu verbal:
4. Tindakan keperawatan
Mengevaluasi klien dalam melakukan latihan napas dalam dan melakukan kegiatan harian
Latihan mengungkapkan rasa marah secara verbal:menolak dengan baik, meminta dengan baik, dan mengungkapkan perasaan dengan baik.
Menyusun jadwal kegiatan harian cara ke dua.





B. Proses pelaksanaan tindakan
1. Fase orientasi
Assalamualaikum wr.wb. selamat siang mas ..masih ingat dengan saya suster niken mahasiswa dari dari STIkes Binawan Jakarta,  sesuai dengan janji saya kemarin sekarang kita akan bertemu kembali.bagaimana mas K sudah dilakukan latihan napas dalam dan melakukan kegiatan yang kita latih kemarin? Apa yang di rasakan setelah melakukan kegiatan secara teratur?bagus..nah kalu latihan napas dalamnya sudah dilakukan jangan lupa di tulis dalam jadwal kegiatan harian.bagaimana sekarang kita akan melakukan latihan cara bicara yang baik untuk mencegah marah.?dimana enaknya kita berbincang bincang?bagaimana kalau di tempat ini saja sama seperti kemarin?berapa lama mas K mau berbincang bincang ? bagaimana kalau 15 menit saja..
2. Fase kerja
Sekarang mas K kita akan melakukan latihan cara berbicara yang baikuntuk mencegah marah.kalau marah sudah disalurkan melalui latihan napas dalam dan melakukan kegiatan maka kita perlu bicara dengan orang yang membuat kita marah ada tiga caranya mas?
·         Meminta dengan baik tanpa marah dengan nada suara yang rendah serta tidak menggunakan kata kata kasar. Kemarin mas K bilang kalau penyebab marah adalah karena tidak di beri uang sama ibu mas K, nah sekarang kita coba melakukan cara meminta yang baik dengan ibu mas K.”Bu…saya perlu uang untuk memiliki usaha sendiri, saya boleh meminta uang untuk melakukan usaha bu..??. coba mas K ulangi..nah bagus sekali mas K
·         Menolak dengan baik, jika keponakan mas K meminta uang sama mas K dan mas K menolak maka bicara dengan baik baik, “ maaf uang saya akan saya tabung jadi tidak bisa di minta karena untuk modal usaha saya nanti..”ayo coba ulangi kembali mas K..iya bagus sekali..
·         Mengungkapkan perasaan kesal, jika ada perlakuan orang lain yang membuat mas K jengkel atau kesal maka mas K bilang”saya tidak suka dengan apa yang kamu lakukan karena…”
Nah coba mas K ulangi kembali kata kata saya  

3. fase terminasi
Bagaimana perasaan mas K setelah kita berbincang bincang  dan melakukan latihan cara mengontrol marah dengan berbicara yang baik, coba mas K sebutkan kembali car bicara yang baik yang telah kita pelajari, bagus sekali ..nah sekarang bagaimana kalau kita masukan ke dalam jadwal kegiatan harian.besok saya akan kembali lagi untuk berbincang bincang tentang cara mengontrol marah yang ke empat yaitu dengan cara beribadah dengan mas K di sini kembali, kurang lebih 30 menit saja . baiklah mas K saya pamit pulang dulu.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog ini jangan lupa tinggalkan komentar anda disini....!!

JADWAL BOLA