Translate

TEORI TENTANG NUTRISI


. Pengertian
Nutrisi adalah zat-zat gizi dan zat lain yang berhubungan dengan kesehatan danpenyakit, termasuk keseluruhan proses proses dalam tubuh manusia untuk menerimamakanan atau bahan-bahan dari lingkungan hidupnya dan menggunakan bahan-bahantersebut untuk aktivitas penting dalam tubuhnya serta mengeluarkan sisanya. Nutrisidapat dikatakan sebagai ilmu tentang makanan, zat-zat gizi dan zat lain yangterkandung, aksi reaksi dan keseimbangan yang berhubungan dengan kesehatan danpenyakit. ( Wartonah, 2006 )
Nutrisi merupakan proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh
yang bertujuan menghasilkan energi dan digunakan dalam aktivitas tubuh.
( Alimul Hidayat, 2006 )
Gizi ( Nutrition ) adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan,metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankankehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ serta menghasilkanenergi. (Supariasa, 2001)
Nutrien merupakan elemen penting untuk proses dan fungsi tubuh, enam kategori
zat makanan adalah air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
(Potter, 2005)
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan nutrisi adalah zat-zat gizidan zat lain yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan digunakandalam aktivitas tubuh untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsinormal dari organ-organ.
2. Fungsi/ Pengaturan
Tubuh memerlukan bahan bakar untuk menyediakan energi untuk fungsi organdan pergerakan badan, untuk menyediakan material mentah, untuk fungsi enzim,pertumbuhan, penempatan kembali dan perbaikan sel. Metabolisme mengacu pada
semua reaksi biokimia dalm tubuh. Proses metabolic dapat menjadi anabolic(membangun) atau katabolic (merusak). Makanan dimakan, dicerna, dan diserapuntuk menghasillkan energi yang diperlukan untuk reaksi ini.
1.      Keseimbangan energy
Energi adalah kekuatan untuk bekerja, manusia membutuhkan energi untuk terus
Menerus berhubungan dengan linkungannya. Keseimbangan energi = Pemasukan energi –pengeluaran energi Atau Pemasukan energi = Total pengeluaran energi (panas + kerja + energi yang di simpan)
a. Pemasukan energi
Pemasukan energi merupakan energi yang dihasilkan selama oksidasimakanan. Makanan merupakan sumber utama energi manusia. Besarnyaenergi yang dihasilkan dengan satuan kalori. 1 kalori juga disebut 1 kaloribesar ( K ) atau kkal adalah jumlah panas yang di butuhkan untukmenaikkan suhu 1 kg air sebesar 1 °c. 1 kkal = 1 K atau sama dengan 1000kalori.
b. Pengeluaran energi
Pengeluaran energi adalah energi yang digunakan oleh tubuh untuk men-support jaringan dan fungsi-fungsi organ tubuh. Cadangan energi tubuhberbentuk senyawa phospat seperti ATP. Kebutuhan energi seseorangditentukan oleh BMR dan aktivitas fisik.Jika nilai pemasukan energi lebihkecil dari pengeluaran energi maka akan terjadi keseimbangan negative,sehingga cadangan makanan dikeluarkan, hal ini berakibat padapenurunan berat badan. Sebaliknya, jika pemasukan energi lebih banyakdari pengeluaran energi maka terjadi keseimbangan positif, kelebihanenergi akan disimpan dalam tubuh sehingga terjadi peningkatan berat badan.
c. Basal Metabolisme Rate (BMR)
Basal Metabolisme Rate adalah energi yang digunakan tubuh pada saat
istirahat yaitu untuk kegiatan fungsi tubuh seperti pergerakan jantung.

perbafasan, peristaltic usus, kegiatan kelenjar-kelenjar tubuh. Kebutuhankalori basal di pengaruhi oleh: usia, jenis kelamin, tinggi dan berat badan,kelainan endokrin, suhu lingkungan, keadaan sakit, keadaan hamil,keadaan stress dan ketegangan.
Sistem yang berperan dalam pemenuhan nutrisi adalah system pencernaanyang terdiri atas saluran pencernaan dan organ asesoris. Saluranpencernaan dimulai dari mulut sampai anus. Sedangkan organ asesoristerdiri atas hati, kantong empedu, dan pangkreas. Ketiga organ inimembantu terlaksanya system pencernaan makanan secara kimiawi.
Makanan di dalam tubuh mengalami beberapa proses. Mulai dari
pencernaan, absorbsi, metabolisme, dan penyimpanan hingga eliminasi.
a) Pencernaan
Pencernaan makanan terdiri dari pemecahan mekanik denganmengunyah, mengaduk dan menggabungkan dengan cairan dan reaksikimia sehingga makanan berkurang menjadi bentuk yang palingsederhana. Tiap bagian dari sistem gastrointestinal memiliki fungsipencernaan dan penyerapan yang penting.
Pencernaan dimulai dari mulut, tempat makanan di pecah secaramekanik dengan mengunyah. Makanan di campur dengan saliva yangmengandung ptialin ( amilase saliva ), suatu enzim yang bertindakpada zat tepung, untuk memulai konversinya menjadi maltosa. Proteindan lemak dipecahkan secaraa fisik tetapi tetap tidak berubah secarakimia karena enzim dalam mulut tidak bereaksi dengan nutrisi ini.Mengunyah mengurangi partikel-partikel makanan pada ukuran yangcocok untuk menelan, dan saliva menyediakan lubrikasi untkmemudahkan makanan yang selanjutnya. Makanan yang telah ditelanmemasuki esopagus dan bergerak sepanjangnya dan dengan kontraksiotot seperti gelombang (peristaltik). Massa makanan yang berada padakardiak spinkter, berlokasi pada pembukaan atas lambung,

1 comment :

Terimakasih telah mengunjungi blog ini jangan lupa tinggalkan komentar anda disini....!!

JADWAL BOLA